Perangkat Ajar Kita

Lesson Plan (RPP), Student Worksheet, Syllabus, segala perangkat mengajar Bahasa Inggris utamanya, dan perangkat mengajar lainnya tersedia di sini, selamat datang.... ^_^
facebook tweeter google linked in you tube rss
  • Home
  • RPP
    • INTRODUCTION
    • LISTENING
    • SPEAKING
    • READING
    • WRITING
  • Contact
    • FACEBOOK
    • TWITTER
    • ETHERNALCUTE
    • TELEPHONE
    • E-MAIL
  • Others
    • EBOOK
    • SYLLABUS

Selasa, 01 Juli 2014

  21:00      lutviefauzy.blogspot.com      Reading      No comments

Rpp Kurikulum 2013

Mungkin perangkat yang saya punya masih banyak kekurangan, tapi paling tidak saya akan coba berbagi untuk mendapat banyak feedback dari kawan-kawan, yuk capcus...





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama satuan pendidikan      : SMA Negeri  1 Tanjunganom
Mata Pelajaran                      : Bahasa Inggris
Kelas/semester                       : XII/2
Materi pokok                          : Teks berita sederhana.dari koran, radio, dan TV
Alokasi waktu                         : 1x pertemuan (2 Jp)
A.  Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
1.1.4. Siswa menggunakan ungkapan terima kasih dalam situasi yang nyata.
2.1.   Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
2.1.1. Siswa menyapa orang-orang di sekitarnya dengan cara yang santun dan berterima.
3.9 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks news item berbentuk berita sederhana dari koran/radio/TV, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.9.1 mengidentifikasi tujuan teks news item yang disajikan
3.9.2 mengidentifikasi nara sumber dari teks yang diberikan
3.9.3 Mengidentifikasi unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks
3.9.4 mengidentifikasi situasi-situasi penting dalam kejadian yang terdapat dalam teks meliputi waktu, pelaku, dan waktu kejadian peristiwa
4.13 Menangkap makna dalam teks berita sederhana dari koran/radio/TV.
4.13.1 mengidentifikasi informasi tertentu dalam teks
4.13.2 menyimpulkan isi kejadian dari teks news item yang diberikan


C.    Tujuan Pembelajaran
Diperlihatkan sebuah teks news item siswa mampu:
1.      Mengidentifikasi gambaran umum teks tulis berbentuk news item dengan benar.
2.      Mengidentifikasi informasi tertentu dalam teks berbentuk news item dengan benar.
3.      Mengidentifikasi informasi tersurat dan tersirat dalam teks tulis berbentuk news item dengan benar.
4.      Menyimpulkan peristiwa dalam teks tulis berbentuk news item secara singkat dan berterima

D.    Materi Pembelajaran
Fungsi Sosial     : Menyampaikan informasi kepada pembaca, pemirasa, pendengar, berita yang menarik dan layak menjadi berita dan dengan cara pemberitaan yang mengundang perhatian.
Structure Texts         :
-          Kejadian yang menarik menjadi berita: ringkasan kejadian/peristiwa/kegiatan
-          Uraian kejadian/peristiwa/ kegiatan secara rinci, pihak yang terlibat atau terkait, waktu, tempat, dsb.
-          Penyebutan sumber berita: komentar, pernyataan, pendapat dari pihak terlibat/terkait, saksi, pihak berwenang, ahli, dsb., tentang yang diberitakan
Unsur Kebahasaan :
(1) Kata dan ungkapan yang menarik perhatian tentang isi berita pada judul (headline)
(2) Penghilangan kata-kata fungsional atau gramatikal (the, a, kata kerja bantu, dll.)
(3) Kalimat langsung dengan kutipan, dan kalimat tidak langsung.
(4) Kalimat pasif
(5) Adverbial dan frasa preposisional tentang waktu, tempat, cara, dll.
(6) Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
(7) Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
Topik:   Kejadian, peristiwa, kegiatan yang menarik dan layak menjadi berita
E.     Metode Pembelajaran
Metode Ilmiah (Scientific Approach)

F.   Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
*        White Board, board marker
*        Pictures
*        Text
*        Laptop
*      www.englishindo.com, http://www.britishcouncil.org

G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Nama Kegiatan
Kegiatan Pembelajaran
Waktu

Pendahuluan
10”

·         Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dan guru dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
·         Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan


Kegiatan Inti
70”
Mengamati






Menanya







Mengeksplorasi








Mengasosiasi









Mengkomunikasikan


·      Siswa membaca berbagai macam teks berita sederhana dari koran, radio, dan TV.
·      Siswa belajar membaca cepat untuk mendapatkan gambaran umum dari teks (skimming) dan menentukan jeda pada tempatnya untuk membaca dengan bermakna


·      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai teks berita (news item)yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan teks dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia
·      Siswa mempertanyakan cara menemukan gagasan utama,  informasi tertentu dan informasi rinci dalam teks berita.


·      Siswa membaca berbagai berita koran
·      Siswa menggunakan strategi membaca cepat dalam membaca berita
·      Siswa membacakan teks berita  kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
·      Siswa secara berkelompok membahas teks berita untuk menemukan berbagai informasi


·      Dalam kerja kelompok terbimbing siswa menganalis fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dari teks berita yang dibaca
·      Siswa membahas pemilihan kata dan tata bahasa yang digunakan dalam teks berita
·      Siswa mengelola balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analis  tentang fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dari teks berita yang disampaikan dalam kerja kelompok untuk memperbaiki tindakan

·      Siswa mempresentasikan hasil analisis kepada teman dan guru di depan kelas


Penutup
10”

·        Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
·        Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
·        Peserta didik menjawab pertanyaan yang  diberikan oleh guru


H.    Penilaian (Instrumen penilaian terlampir)
1.      Penilaian sikap
2.      Penilaian pengetahuan
3.      Penilaian ketrampilan
  
Kirimkan Ini lewat Email BlogThis! Bagikan ke X Berbagi ke Facebook
←  Posting Lebih Baru Posting Lama  → Beranda

0 komentar :

Posting Komentar

Silahkan tambahkan komentar dengan sopan dan dilarang menjelek-jelekkan golongan tertentu, yuhuuu....

Langganan: Posting Komentar ( Atom )

About Me

lutviefauzy.blogspot.com
Lihat profil lengkapku

Followers

Popular Posts

  • Rambu-Rambu Penyusunan RPP
    Hai kawan, dalam postingan saya kali ini, saya berbagi sesuatu yang menarik. Banyak dari kita yang masih belum memahami dengan benar apa ...
  • RPP SMP Days, Months, Dates, and Times
    Pagi teman-teman, ini nih RPP terbaru sya, isinya tentang materi Hari, Bulan, Tanggal, dan Waktu. kalau di buku biasanya pake tema It's...
  • Problem Based Learning
    Iyakan... kalo yang kemaren kemaren kita dah ngomongin masalah PJBL atau yang biasa disebut Project Based Learning, kali ini aku mau posti...
  • KI KD SMP Mutakhir
    Untuk bisa membuat perangkat mengajar yang baik, perlu dipahami dulu tentang silabus, ups...jangan kawatir, kali ini saya menyediakan KI ...
  • KI KD SMA
    Pagi kawan... Setelah kemarin kita berbagi tentang KI KD SMP kurikulum termutakhir yaitu kurikulum 2013, maka hari ini saaya akan berbagi ...

Blog Archive

  • ►  2015 ( 3 )
    • ►  Desember ( 1 )
    • ►  Oktober ( 1 )
    • ►  Februari ( 1 )
  • ▼  2014 ( 28 )
    • ►  November ( 5 )
    • ►  Oktober ( 4 )
    • ►  September ( 3 )
    • ►  Agustus ( 1 )
    • ▼  Juli ( 14 )
      • Konsep Pendekatan Kurikulum 2013
      • KI KD SMA
      • English Essays Writing Course for Advanced Students
      • KI KD SMP Mutakhir
      • Problem Based Learning
      • Project Based Learning - Guide
      • RPP Sifat Benda
      • Rambu-Rambu Penyusunan RPP
      • RPP Bahasa Inggris 4JP
      • Bagi-Bagi Ebook
      • Bentangan Materi
      • Elemen-elemen RPP
      • Format RPP
      • Rpp Kurikulum 2013
    • ►  Juni ( 1 )

Categories

  • Ebook ( 3 )
  • Introduction to RPP ( 7 )
  • Listening ( 5 )
  • Reading ( 9 )
  • RPP lain ( 4 )
  • Speaking ( 8 )
  • Syllabus ( 2 )
  • Writing ( 11 )

Friends

Pipit Nur Azizah

Asrarul Mufidah

Aminatus Zulvia

Luluk Eka

Andris Andriansyah

Elfany

Wahyu Nita

Dipta

Fahmy

Zakaria Anggara

Lutvie Nirmala Fauzy. Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © Perangkat Ajar Kita Powered by Blogger
Design by ThemePix.com | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com