Hello....
kali ini kita ngapain ya enaknya...
hm...aku juga bingung nih kawan mau posting apaan...
gini aja....
kita posting RPP lama, tapi masih di kurikulum 2013 kok...
cuman yang satu ini untuk 4 skill sekaligus,
yang ini namanya project based learning.
(owh iya belon bahas TBL, PBL, PJBL ya....)
okey deh cekidot, (maaf yak kalo belepotan bikinnya, soalnya ini karya pertamaku dulu)
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/semester : VII/1 (satu)
Materi Pokok : Teks Lisan Dan Tulis Yang Menyatakan Dan
Menanyakan Perbandingan Jumlah Dan Sifat Orang, Binatang, Dan Benda
Alokasi Waktu :
2 pertemuan (4 JP)
KI 1
|
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
KI 4
|
:
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
|
A.
Kompetensi Inti
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
|
1.
|
1.1
|
Mensyukuri karunia Tuhan yang
diwujudkan dalam semangat
belajar.
|
1.1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianut
|
2.
|
2.2
|
Menunjukkan perilaku
jujur,
disiplin, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan
komunikasi
transaksional dengan
guru
dan teman.
(Cetak tebal: Fokus untuk pembelajaran
dalam RRP ini)
|
2.2.1 Bertanggung jawab
atas tindakan anggotanya saat menjadi
pemimpin kelompok
2.2.2 Mengakui
ketika membuat kesalahan
2.2.3 Tidak menyalahkan orang
lain atas tindakannya sendiri
2.2.4 Melakukan
hal-hal yang dikatakan akan dikerjakan tanpa diingatkan orang lain
|
3.
|
3.9
|
Menerapkan struktur teks dan unsur
kebahasaan untuk melaksanakan fungsi social menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat orang,
binatang, benda, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
3.9.1 Menentukan
tujuan komunikatif teks
3.9.2 Mengidentifikasi
struktur teks
3.9.3 Mengidentifikasi
unsur
kebahasaan
dalam teks
|
4.
|
4.10
|
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang
perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda, dengan
memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsure kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
|
4.10.1 Menanyakan perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda secara
tertulis sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.10.2 Menyatakan perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda secara
tertulis sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.10.3 Menanyakan perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda secara lisan
sesuai dengan konteks penggunaannya
4.10.4 Menyatakan perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda secara lisan sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1)
mengidentifikasi tujuan
komunikatif teks secara berkelompok berdasarkan pertanyaan pengarah dari guru;
2)
mengidentifikasi
struktur teks secara berkelompok berdasarkan pertanyaan pengarah dari guru;
3)
mengidentifikasi kata
sifat yang terdapat dalam teks secara berkelompok;
4)
mengidentifikasi kata
kerja yang terdapat dalam teks secara berkelompok;
5)
mengidentifikasi frase
benda yang terdapat dalam teks secara berkelompok;
6)
mengidentifikasi kata
keterangan yang terdapat dalam teks secara berkelompok;
Pertemuan Kedua
1)
mengisi lembar
assesement yang mengungkapkan keyakinannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa;
2)
bertanggung jawab atas
tindakan anggotanya saat menjadi pemimpin kelompok;
3)
mengakui ketika membuat
kesalahan;
4)
tidak menyalahkan orang
lain atas tindakannya sendiri;
5)
melakukan hal-hal yang
dikatakan akan dikerjakan tanpa diingatkan orang lain;
6)
menanyakan perbandingan
jumlah dan sifat orang, binatang, benda secara tertulis sesuai
dengan konteks penggunaannya
7)
menyatakan perbandingan
jumlah dan sifat orang, binatang, benda secara tertulis sesuai
dengan konteks penggunaannya;
8)
menanyakan perbandingan
jumlah dan sifat orang, binatang, benda secara lisan sesuai
dengan konteks penggunaannya
9)
menyatakan perbandingan
jumlah dan sifat orang, binatang, benda secara lisan sesuai
dengan konteks penggunaannya
D.
Materi Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Fungsi Sosial : Membandingkan
jumlah, sifat orang, binatang dan benda untuk menjaga hubungan interpersonal
dengan guru dan teman.
Struktur Teks :
·
A : Who has more population, China or
Indonesia?
B : China does.
·
A : Who is taller, your brother or your
sister?
B : My brother is taller than my
sister.
·
Bandung is bigger than
Bogor, but Jakarta is the biggest.
·
Tiger is the wildest
animal in the world.
Unsur Kebahasaan:
·
Ucapan
·
Tekanan kata
·
Kata sifat (big, small, tall, short, fast, colorful,
expensive, dsb.)
·
Kata Tanya (what,which, how)
·
Kata ganti (this, that, those, these, it, they,
dsb.)
·
Nama-nama benda
·
Intonasi
·
Kosakata (jumlah, dan sifat
orang, binatang dan benda)
·
Tata bahasa (simple
present)
·
Kata kerja dalam the simple present tense: have, has, be, dsb.
Topik: berbagai hal terkait dengan
menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda
di lingkungan sekitar.
Pertemuan Kedua
Fungsi Sosial : Membandingkan
jumlah, sifat orang, binatang dan benda untuk menjaga hubungan interpersonal
dengan guru dan teman.
Struktur Teks :
·
A : Who has more population, China or
Indonesia?
B : China does.
·
A : Who is taller, your brother or your
sister?
B : My brother is taller than my
sister.
·
Bandung is bigger than
Bogor, but Jakarta is the biggest.
·
Tiger is the wildest
animal in the world.
Unsur Kebahasaan:
·
Ucapan
·
Tekanan kata
·
Kata sifat (big, small, tall, short, fast, colorful,
expensive, dsb.)
·
Kata Tanya (what,which, how)
·
Kata ganti (this, that, those, these, it, they,
dsb.)
·
Nama-nama benda
·
Intonasi
·
Kosakata (jumlah, dan
sifat orang, binatang dan benda)
·
Tata bahasa (simple
present)
·
Kata kerja dalam the simple present tense: have, has, be, dsb
Topik: berbagai hal terkait dengan menyatakan dan menanyakan perbandingan
jumlah dan sifat orang, binatang, benda di lingkungan sekitar.
E.
Metode Pembelajaran
1.
Metode Ilmiah (scientific
approach)
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
Gambar benda,
kartu kata
2.
Alat
Realia benda, spidol
warna, kertas spectra, kertas plano
3.
Sumber Pembelajaran
a).
Buku
Teks Wajib
b).
Buku
pelatihan bahasa Inggris kurikulum 2013
c).
Keteladan
ucapan dan tindakan guru menggnakan setiap tindakan komunikasi
interpersonal dengan benar dan akurat
d).
Contoh
peragaan dalam bentuk rekaman audio CD/ VCD/ DVD/ kaset
e).
Contoh
interaksi tertulis
f).
Contoh
teks tertulis
g).
Sumber
dari internet:
G.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Pendahuluan 10”
|
|
Tahap
|
Kegiatan
|
Salam tegur sapa
|
-
Guru memberi apersepsi
dan motivasi;
-
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran;
-
Guru menyampaikan
cakupan materi dan uraian kegiatan;
|
Kegiatan inti 60’
|
|
Observing
Questioning
Exploring
Associating
Networking
|
-
Peserta didik
mendengarkan/ membaca beberapa contoh pertanyaan dan pernyataan perbandingan
jumlah dan sifat orang, binatang, benda sesuai konteksnya
-
Peserta didik
mengikuti kalimat menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat
orang, binatang, benda
-
Peserta didik
menirukan model pengucapan dan intonasi dari kalimat menyatakan dan
menanyakan perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda
-
Dengan bimbingan dan
arahan guru, peserta didik menanya perbedaan antar berbagai ungkapan
menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang,
benda dalam berbagai konteks
-
Peserta didik membaca
contoh-contoh kalimat/ungkapan yang menyatakan dan menanyakan perbandingan
jumlah dan sifat orang, binatang, benda dari berbagai sumber lain.
-
Peserta didik
menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang,
benda menggunakan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan
kegiatan lain yang terstruktur
-
Dalam kerja kelompok
terbimbing peserta didik menganalisis fungsi social, makna dan fungsi
ungkapan menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat orang,
binatang, benda struktur teks, dan unsur kebahasaan, serta format
penulisannya
-
Peserta didik
menanyakan balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap yang dia
sampaikan dalam kerja kelompok
-
Peserta didik
menyimpulkan hasil analisisnya
terkait fungsi social, struktur
teks dan unsur kebahasaan dari kalimat/ ungkapan menyatakan dan menanyakan
perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda
-
Dua (2) orang peserta
didik (wakil kelompok) berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain untuk
mempresentasikan hasil diskusi dan temuan mereka tentang fungsi social, struktur
teks dan unsur kebahasaan dari kalimat/ ungkapan menyatakan dan menanyakan
perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda
-
Guru memberikan umpan balik
terhadap pemahaman konsep peserta didik tentang materi yang dipelajari.
|
Penutup 10’
|
|
Refleksi
|
-
Peserta didik dan
guru melakukan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran dan
menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari.
-
Guru memberikan
penugasan berupa tugas mandiri untuk menuliskan berbagai hal terkait dengan menyatakan dan menanyakan perbandingan
jumlah dan sifat orang, binatang, benda di sekitar lingkungannya.
-
Peserta didik
memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan
berikutnya.
-
Peserta didik dan
guru mengucapkan salam perpisahan.
|
Pertemuan Kedua
Pendahuluan 10”
|
|
Tahap
|
Kegiatan
|
Salam tegur
sapa
|
-
Guru memberi
apersepsi dan motivasi;
-
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran;
-
Guru menyampaikan
cakupan materi dan uraian kegiatan;
|
Kegiatan Inti 60”
|
|
Creating
|
-
Peserta didik
mengamati dan melabeli gambar dengan kata sifat yang mendeskripsikan gambar-gambar
tersebut.
-
Peserta didik
membandingkan gambar-gambar tersebut dengan menggunakan kata-kata yang sudah
dipelajari berdasarkan pertanyaan arahan dari guru.
-
Peserta didik
menuliskan jawaban (kalimat) di papan tulis setelah menjawabnya secara lisan
secara individu.
-
Peserta didik
menyusun teks pendek berdasarkan gambar-gambar yang disediakan secara
berkelompok. Kalimat pertama disediakan oleh guru.
-
Peserta didik secara
berkelompok membuat poster sederhana tentang perbandingan jumlah dan sifat
orang, binatang, benda yang ada di sekitar sekolah berdasarkan catatan selama
kegiatan pembelajaran. Perwakilan kelompok mempresentasikan isi poster tersebut
di depan kelas.
-
Peserta didik dari
kelompok lain diberi kesempatan mengajukan pertanyaan, mengklarifikasi atau
mengkonfirmasi presentasi dengan bantuan guru.
-
Peserta didik
menempelkan poster yang dihasilkan di dinding atau di madding sekolah.
|
Penutup 10”
|
|
Refleksi
|
-
Peserta didik dan
guru melakukan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran dan
menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari.
-
Guru memberikan
penugasan berupa tugas mandiri untuk menuliskan berbagai hal terkait dengan menyatakan dan menanyakan perbandingan
jumlah dan sifat orang, binatang, benda di sekitar lingkungannya.
-
Peserta didik
memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan
berikutnya.
-
Peserta didik dan
guru mengucapkan salam perpisahan.
|
H.
Penilaian
1.
Sikap
spiritual
a.
Teknik Penilaian : Tertulis
b.
Bentuk
Instrumen : Questioner
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianut
|
Lampiran 1
|
d.
Instrumen: terlampir
e.
Rubrik
Penilaian Sikap Spiritual
No
|
Indikator
|
Skor
|
1
|
·
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
·
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
·
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan
pendapat/presentasi
·
Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan
terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
·
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari
ilmu pengetahuan
|
4 = selalu, apabila selalu
melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering
melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
|
f.
Pedoman Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 14, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor
akhir :
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik :
apabila memperoleh skor 3,20 – 4,00 (80
– 100)
Baik : apabila
memperoleh skor 2,80 – 3,19 (70 – 79)
Cukup :
apabila memperoleh skor 2.40 – 2,79 (60
– 69)
Kurang : apabila
memperoleh skor kurang 2.40 (kurang dari
60%)
2.
Sikap sosial
a.
Teknik Penilaian : Tes Tertulis
b.
Bentuk
Instrumen : Questioner
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
Jujur
adalah perilaku dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
Disiplin
adalah tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai
ketentuan dan peraturan
Tanggungjawab
adalah sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan
kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat,
lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa
|
Lampiran Penilaian Sikap 1-3
|
d.
Instrumen:
lihat Lampiran ...
e.
Rubrik Penilaian Sikap Jujur
4 = selalu, apabila selalu
melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering
melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan
Rubrik
penilaian Sikap Disiplin
Ya =
apabila peserta didik menunjukkan perbuatan sesuai
aspek pengamatan
Tidak =
apabila peserta didik tidak menunjukkan perbuatan
sesuai aspek pengamatan.
Rubrik penilaian sikap tanggung jawab
4 = selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
f.
Pedoman Penskoran
1.
Sikap
jujur : Lihat
petunjuk penskoran pada pedoman
observasi sikap spiritual
2.
Sikap Disiplin:
Petunjuk
Penskoran :
Jawaban
YA diberi skor 1, dan jawaban TIDAK diberi skor 0
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus :
3. Sikap tanggung jawab:
Lihat petunjuk penskoran pada pedoman
observasi sikap spiritual
3.
Pengetahuan
a.
Teknik
Penilaian : Tes Tertulis
b.
Bentuk
Instrumen : Pilihan Ganda
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
Disajikan teks
bergambar tentang sifat suatu binatang, orang, dan benda, siswa dapat menentukan fungsi
sosialnya dengan benar.
|
Soal No. 1
|
|
Disajikan teks
bergambar tentang cirri fisik suatu binatang, orang, dan benda, siswa dapat
menentukan fungsi sosialnya dengan benar.
|
Soal No. 2
|
|
Disajikan
sebuah kalimat dengan beberapa kata digarisbawahi, siswa dapat menentukan
kata sifatnya dengan tepat
|
Soal No. 3
|
|
Disajikan
pertanyaan yang mengandung sifat atau ciri fisik benda tertentu, siswa dapat
menentukan gambarnya dengan tepat.
|
Soal No. 4
|
|
Disajikan
sebuah kalimat tidak lengkap dan gambar yang relevan, siswa dapat
melengkapinya dengan kata sifat yang tepat.
|
Soal No. 5
|
|
Disajikan
sebuat gambar dengan 3 pilihan, siswa dapat menentukan perbandingan dari
gambar dengan tepat.
|
Soal No. 6
|
|
Disajikan
sebuah dialog, siswa dapat menentukan format penulisan dengan tepat.
|
Soal No. 7
|
|
Disajikan
sebuah gambar, siswa dapat menentukan kata sifat yang relevan dengan gambar.
|
Soal No. 8
|
|
Disajikan
sebuah gambar dengan kata sifat yang relevan, siswa dapat menentukan kata
perbandingan dengan tepat.
|
Soal No. 9
|
|
Disajikan
sebuah gambar dengan kata sifat yang relevan, siswa dapat menentukan kata
menanyakan perbandingan dengan tepat.
|
Soal No. 10
|
d.
Instrumen:
lihat Lampiran ...
e.
Pedoman penskoran: Setiap
jawaban benar diberi skor 1 (satu)
Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
4.
Keterampilan
a.
Teknik Penilaian : Unjuk Kerja
b.
Bentuk Instrumen : Tes Keterampilan
Menulis, Membaca dan berbicara
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Keterampilan/Indikator
|
Butir Instrumen
|
Menulis
|
||
|
Disajikan sebuah jawaban singkat
tentang menyatakan dan menanyakan sifat binatang, orang, dan benda, siswa
dapat menuliskan pesan singkat pertanyaannya dengan akurat, runtut dan
berterima.
|
Soal No. 1
|
|
Disajikan sebuah jawaban panggilan
telepon singkat tentang menyatakan dan menanyakan sifat binatang, orang, dan benda,
siswa dapat menuliskan pesan singkat pertanyaannya dengan akurat, runtut dan
berterima.
|
Soal No. 2
|
|
Disajikan sebuah teks sederhana tentang
menyatakan dan menanyakan sifat binatang, orang, dan benda serta 4 (empat)
buah gambar, siswa dapat menentukan salah satu gambar yang dideskripsikan
dengan tepat.
|
Soal No. 3
|
|
Diperdengarkan sebuah teks sederhana tentang
menyatakan sifat binatang, orang, dan benda
serta beberapa buah gambar, siswa dapat menentukan salah satu gambar yang
dideskripsikan dengan tepat.
|
Soal No. 4
|
|
Diperdengarkan sebuah teks sederhana
tentang menanyakan sifat binatang, orang, dan benda serta beberapa buah
gambar, siswa dapat menentukan salah satu gambar yang dideskripsikan dengan
tepat.
|
Soal No. 5
|
|
Disajikan sebuah
situasi sederhana, siswa dapat menanyakan sifat atau ciri fisik binatang,
orang, dan benda dengan lancar, runtut dan berterima.
|
Soal No. A.1
|
|
Disajikan sebuah
situasi sederhana, siswa dapat
Menyatakan sifat atau
ciri binatang, orang, dan benda dengan lancar, runtut dan berterima.
|
Soal No. A.2
|
|
Siswa dapat mendeskripsikan benda
kesayangannya secara lisan didepan kelas dengan akurat, lancar dan berterima.
|
Soal No. A.3
|
|
Siswa dapat membandingkan sifat orang
dalam bentuk teks sangat sederhana secara akurat, runtut dan berterima.
|
Soal No. B
|
d.
Instrumen:
lihat Lampiran ...
e.
Rubrik Tes Keterampilan Menulis
(Soal No. 1 dan 2)
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Kesesuaian isi dengan tujuan
penulisan pesan
|
100% isi sesuai
|
5
|
80% isi sesuai
|
4
|
||
60% isi sesuai
|
3
|
||
40% isi sesuai
|
2
|
||
20% isi sesuai
|
1
|
||
2
|
Pilihan kata
|
100% pilihan kata tepat
|
5
|
80% pilihan kata tepat
|
4
|
||
60% pilihan kata tepat
|
3
|
||
40% pilihan kata tepat
|
2
|
||
20% pilihan kata tepat
|
1
|
||
3
|
Penulisan kosa kata
|
100% penulisan kosa kata
tepat
|
5
|
80% penulisan kosa kata tepat
|
4
|
||
60% penulisan kosa kata tepat
|
3
|
||
40% penulisan kosa kata tepat
|
2
|
||
20% penulisan kosa kata tepat
|
1
|
||
4
|
Ketepatan tata bahasa
|
100% penggunaan tata
bahasa tepat
|
5
|
80% penggunaan tata
bahasa tepat
|
4
|
||
60% penggunaan tata
bahasa tepat
|
3
|
||
40% penggunaan tata
bahasa tepat
|
2
|
||
20% penggunaan tata bahasa tepat
|
1
|
f.
Pedoman Penskoran
Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
g.
Konversi
keterampilan membaca dan mendengarkan, soal No. 3 – 5.
Setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu)
Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
h.
Rubrik
untuk penilaian keterampilan berbicara Lampiran 4 Part Three, bagian A.
Aspek
|
Keterangan
|
Skor
|
Pelafalan
|
·
Sangat jelas
sehingga mudah dipahami
·
Mudah
dipahami meskipun pengaruh bahasa ibu dapat dideteksi
·
Ada masalah
pengucapan sehingga pendengar perlu
konsentrasi penuh
·
Ada masalah
pengucapan yang serius sehingga tidak bisa dipahami
|
4
3
2
1
|
Tata bahasa
|
·
Tidak ada
atau sedikit kesalahan tatabahasa
·
Kadang-kadang
ada kesalahan tetapi tidak mempengaruhi makna
·
Sering
membuat kesalahan sehingga makna sulit dipahami
·
Kesalahan
tatabahasa sangat parah sehingga tidak bisa dipahami
|
4
3
2
1
|
Kosakata
|
·
Menggunakan
kosakata dan ungkapan yang tepat
·
Kadang-kadang
menggunakan kosakata yang kurang tepat sehingga harus menjelaskan lagi
·
Sering
menggunakan kosakata yang tidak tepat
·
Kosakata
sangat terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
|
4
3
2
1
|
Kelancaran
|
·
Sangat
lancar.
·
Kelancaran
sedikit terganggu oleh masalah bahasa
·
Sering
ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan bahasa
·
Bicara
terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin terjadi.
|
4
3
2
1
|
i.
Pedoman Penskoran:
Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
j.
Rubrik untuk penilaian keterampilan menulis Lampiran 4 Part Three, bagian B.
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Kesesuaian isi dengan tujuan
penulisan pesan
|
100% isi sesuai
|
5
|
80% isi sesuai
|
4
|
||
60% isi sesuai
|
3
|
||
40% isi sesuai
|
2
|
||
20% isi sesuai
|
1
|
||
2
|
Pilihan kata
|
100% pilihan kata tepat
|
5
|
80% pilihan kata tepat
|
4
|
||
60% pilihan kata tepat
|
3
|
||
40% pilihan kata tepat
|
2
|
||
20% pilihan kata tepat
|
1
|
||
3
|
Keterpaduan kalimat
|
100% kalimat terpadu dan
runtut
|
5
|
80% kalimat terpadu dan runtut
|
4
|
||
60% kalimat terpadu dan runtut
|
3
|
||
40% kalimat terpadu dan runtut
|
2
|
||
20% kalimat terpadu dan runtut
|
1
|
||
4
|
Penulisan kosa kata
|
100% penulisan kosa kata
tepat
|
5
|
80% penulisan kosa kata tepat
|
4
|
||
60% penulisan kosa kata tepat
|
3
|
||
40% penulisan kosa kata tepat
|
2
|
||
20% penulisan kosa kata tepat
|
1
|
||
5
|
Ketepatan tata bahasa
|
100% penggunaan tata
bahasa tepat
|
5
|
80% penggunaan tata
bahasa tepat
|
4
|
||
60% penggunaan tata
bahasa tepat
|
3
|
||
40% penggunaan tata
bahasa tepat
|
2
|
||
20% penggunaan tata
bahasa tepat
|
1
|
||
6
|
Originalitas penulisan
|
100% tulisan hasil pemikiran
sendiri
|
5
|
80% tulisan hasil
pemikiran sendiri
|
4
|
||
60% tulisan hasil
pemikiran sendiri
|
3
|
||
40% tulisan hasil
pemikiran sendiri
|
2
|
||
20% tulisan hasil
pemikiran sendiri
|
1
|
k.
Pedoman Peskoran:
Konversi
Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
...................., .............................. 20...
Mengetahui
Kepala SMP... Guru Mata Pelajaran
_______________________
_________________________
NIP. ... NIP. ...
0 komentar :
Posting Komentar
Silahkan tambahkan komentar dengan sopan dan dilarang menjelek-jelekkan golongan tertentu, yuhuuu....