Perangkat Ajar Kita

Lesson Plan (RPP), Student Worksheet, Syllabus, segala perangkat mengajar Bahasa Inggris utamanya, dan perangkat mengajar lainnya tersedia di sini, selamat datang.... ^_^
facebook tweeter google linked in you tube rss
  • Home
  • RPP
    • INTRODUCTION
    • LISTENING
    • SPEAKING
    • READING
    • WRITING
  • Contact
    • FACEBOOK
    • TWITTER
    • ETHERNALCUTE
    • TELEPHONE
    • E-MAIL
  • Others
    • EBOOK
    • SYLLABUS

Senin, 07 Juli 2014

  20:02      lutviefauzy.blogspot.com      Listening , Reading , Speaking , Writing      No comments

RPP Bahasa Inggris 4JP

Hello....
kali ini kita ngapain ya enaknya...
hm...aku juga bingung nih kawan mau posting apaan...
gini aja....
kita posting RPP lama, tapi masih di kurikulum 2013 kok...
cuman yang satu ini untuk 4 skill sekaligus,
yang ini namanya project based learning.
(owh iya belon bahas TBL, PBL, PJBL ya....)
okey deh cekidot, (maaf yak kalo belepotan bikinnya, soalnya ini karya pertamaku dulu)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan    : SMP                                                                         
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/semester           : VII/1 (satu)
Materi Pokok             : Teks Lisan Dan Tulis Yang Menyatakan Dan Menanyakan Perbandingan Jumlah Dan Sifat Orang, Binatang, Dan Benda
Alokasi Waktu           : 2 pertemuan (4 JP)


KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
A.      Kompetensi Inti

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
1.1






Mensyukuri  karunia Tuhan yang
diwujudkan  dalam semangat
belajar.
1.1.1    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianut
2.


2.2
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, dan  bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru
dan teman.
(Cetak tebal: Fokus untuk pembelajaran dalam  RRP ini)





2.2.1    Bertanggung jawab atas tindakan anggotanya saat menjadi pemimpin kelompok
2.2.2    Mengakui ketika             membuat kesalahan
2.2.3    Tidak menyalahkan     orang   lain atas tindakannya sendiri
2.2.4    Melakukan hal-hal yang             dikatakan akan             dikerjakan tanpa             diingatkan orang lain
3.
3.9
Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi social menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks penggunaannya

3.9.1    Menentukan tujuan             komunikatif     teks     
3.9.2    Mengidentifikasi             struktur teks
3.9.3    Mengidentifikasi unsur
            kebahasaan dalam teks

4.
4.10
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda, dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsure kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.10.1 Menanyakan perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda secara tertulis sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.10.2 Menyatakan perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda secara tertulis sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.10.3 Menanyakan perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda secara lisan sesuai dengan konteks penggunaannya
4.10.4   Menyatakan perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda  secara lisan sesuai dengan konteks penggunaannya

C.      Tujuan Pembelajaran  

Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1)             mengidentifikasi tujuan komunikatif teks secara berkelompok berdasarkan pertanyaan pengarah dari guru;
2)             mengidentifikasi struktur teks secara berkelompok berdasarkan pertanyaan pengarah dari guru;
3)             mengidentifikasi kata sifat yang terdapat dalam teks secara berkelompok;
4)             mengidentifikasi kata kerja yang terdapat dalam teks secara berkelompok;
5)             mengidentifikasi frase benda yang terdapat dalam teks secara berkelompok;
6)             mengidentifikasi kata keterangan yang terdapat dalam teks secara berkelompok;

Pertemuan Kedua
1)             mengisi lembar assesement yang mengungkapkan keyakinannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa;
2)             bertanggung jawab atas tindakan anggotanya saat menjadi pemimpin kelompok;
3)             mengakui ketika membuat kesalahan;
4)             tidak menyalahkan orang lain atas tindakannya sendiri;
5)             melakukan hal-hal yang dikatakan akan dikerjakan tanpa diingatkan orang lain;
6)             menanyakan perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda  secara tertulis sesuai dengan konteks penggunaannya
7)             menyatakan perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda  secara tertulis sesuai dengan konteks penggunaannya;
8)             menanyakan perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda  secara lisan sesuai dengan konteks penggunaannya
9)             menyatakan perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda  secara lisan sesuai dengan konteks penggunaannya



D.      Materi Pembelajaran 

Pertemuan Pertama

Fungsi Sosial         :    Membandingkan jumlah, sifat orang, binatang dan benda untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman.

Struktur Teks       :   
·         A           : Who has more population, China or Indonesia?
B            : China does.
·         A           : Who is taller, your brother or your sister?
B            : My brother is taller than my sister.
·         Bandung is bigger than Bogor, but Jakarta is the biggest.
·         Tiger is the wildest animal in the world.

Unsur Kebahasaan: 
·         Ucapan
·         Tekanan kata
·         Kata sifat (big, small, tall, short, fast, colorful, expensive, dsb.)
·         Kata Tanya (what,which, how)
·         Kata ganti (this, that, those, these, it, they, dsb.)
·         Nama-nama benda
·         Intonasi
·         Kosakata (jumlah, dan sifat orang, binatang dan benda)
·         Tata bahasa (simple present)
·         Kata kerja dalam the simple present tense: have, has, be, dsb.


Topik: berbagai hal terkait dengan menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda di lingkungan sekitar.


Pertemuan Kedua

Fungsi Sosial         :    Membandingkan jumlah, sifat orang, binatang dan benda untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman.

Struktur Teks       :   
·         A           : Who has more population, China or Indonesia?
B            : China does.
·         A           : Who is taller, your brother or your sister?
B            : My brother is taller than my sister.
·         Bandung is bigger than Bogor, but Jakarta is the biggest.
·         Tiger is the wildest animal in the world.


Unsur Kebahasaan: 
·         Ucapan
·         Tekanan kata
·         Kata sifat (big, small, tall, short, fast, colorful, expensive, dsb.)
·         Kata Tanya (what,which, how)
·         Kata ganti (this, that, those, these, it, they, dsb.)
·         Nama-nama benda
·         Intonasi
·         Kosakata (jumlah, dan sifat orang, binatang dan benda)
·         Tata bahasa (simple present)
·         Kata kerja dalam the simple present tense: have, has, be, dsb

Topik: berbagai hal terkait dengan menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda di lingkungan sekitar.

E.       Metode Pembelajaran

1.         Metode Ilmiah (scientific approach)

F.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran

1.         Media
Gambar benda, kartu kata

2.         Alat
Realia benda, spidol warna, kertas spectra, kertas plano

3.         Sumber Pembelajaran
a).    Buku Teks Wajib
b).    Buku pelatihan bahasa Inggris kurikulum 2013
c).    Keteladan ucapan dan tindakan guru menggnakan setiap tindakan komunikasi interpersonal  dengan benar dan akurat
d).    Contoh peragaan dalam bentuk rekaman audio CD/ VCD/ DVD/ kaset
e).    Contoh interaksi tertulis
f).     Contoh teks tertulis
g).    Sumber dari internet:
·         www.dailyenglish.com,
·         http://americanenglish.state.gov/files/ae/resourcefiles,
·         http://learnenglish.britishcouncil.org/en/
·         www.google.com
·         http://www.hikaridesu.multiply-com
·         http://www.pitara.com
·         http://www.freewikipedia.com
·         http://www.potw.org
·         http://www.studygs.net
·         http://www.johnbellspeaker.com









G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran    

Pertemuan Pertama
Pendahuluan 10”

Tahap
Kegiatan
Salam tegur sapa
-        Guru memberi apersepsi dan motivasi;
-        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran;
-        Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan;
Kegiatan inti 60’

Observing









Questioning





Exploring











Associating














Networking
-        Peserta didik mendengarkan/ membaca beberapa contoh pertanyaan dan pernyataan perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda sesuai konteksnya
-        Peserta didik mengikuti kalimat menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda
-        Peserta didik menirukan model pengucapan dan intonasi dari kalimat menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda 
-        Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik menanya perbedaan antar berbagai ungkapan menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda dalam berbagai konteks 
-        Peserta didik membaca contoh-contoh kalimat/ungkapan yang menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda dari berbagai sumber lain. 
-        Peserta didik menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda menggunakan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur 
-        Dalam kerja kelompok terbimbing peserta didik menganalisis fungsi social, makna dan fungsi ungkapan menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda struktur teks, dan unsur kebahasaan, serta format penulisannya 
-        Peserta didik menanyakan balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok 
-        Peserta didik menyimpulkan hasil analisisnya
terkait fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan dari kalimat/ ungkapan menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda 
-        Dua (2) orang peserta didik (wakil kelompok) berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain untuk mempresentasikan hasil diskusi dan temuan mereka tentang fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan dari kalimat/ ungkapan menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda
-        Guru memberikan umpan balik terhadap pemahaman konsep peserta didik tentang materi yang dipelajari. 

Penutup 10’

Refleksi
-         Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran dan menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari.
-         Guru memberikan penugasan berupa tugas mandiri untuk menuliskan berbagai hal terkait dengan menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda di sekitar lingkungannya.
-         Peserta didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
-         Peserta didik dan guru mengucapkan salam perpisahan.



Pertemuan Kedua
Pendahuluan 10”

Tahap
Kegiatan
Salam tegur sapa







-        Guru memberi apersepsi dan motivasi;
-        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran;
-        Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan;
Kegiatan Inti 60”

Creating
-        Peserta didik mengamati dan melabeli gambar dengan kata sifat yang mendeskripsikan gambar-gambar tersebut. 
-        Peserta didik membandingkan gambar-gambar tersebut dengan menggunakan kata-kata yang sudah dipelajari berdasarkan pertanyaan arahan dari guru. 
-        Peserta didik menuliskan jawaban (kalimat) di papan tulis setelah menjawabnya secara lisan secara individu. 
-        Peserta didik menyusun teks pendek berdasarkan gambar-gambar yang disediakan secara berkelompok. Kalimat pertama disediakan oleh guru. 
-        Peserta didik secara berkelompok membuat poster sederhana tentang perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda yang ada di sekitar sekolah berdasarkan catatan selama kegiatan pembelajaran. Perwakilan kelompok mempresentasikan isi poster tersebut di depan kelas. 
-        Peserta didik dari kelompok lain diberi kesempatan mengajukan pertanyaan, mengklarifikasi atau mengkonfirmasi presentasi dengan bantuan guru.
-        Peserta didik menempelkan poster yang dihasilkan di dinding atau di madding sekolah. 
Penutup 10”

Refleksi
-         Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran dan menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari.
-         Guru memberikan penugasan berupa tugas mandiri untuk menuliskan berbagai hal terkait dengan menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda di sekitar lingkungannya.
-         Peserta didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
-         Peserta didik dan guru mengucapkan salam perpisahan.


H.      Penilaian

1.        Sikap spiritual

a.         Teknik Penilaian              : Tertulis
b.         Bentuk Instrumen           : Questioner
c.         Kisi-kisi                           :

No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianut
Lampiran 1

d.        Instrumen: terlampir

e.         Rubrik Penilaian Sikap Spiritual
No
Indikator
Skor
1
·         Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
·         Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
·         Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
·         Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
·         Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan



f.          Pedoman Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :


Contoh :
Skor diperoleh 14, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :

Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor  3,20 – 4,00 (80 – 100)
Baik                 : apabila memperoleh skor  2,80 – 3,19 (70 – 79)
Cukup                         : apabila memperoleh skor  2.40 – 2,79 (60 – 69)
Kurang            : apabila memperoleh skor kurang  2.40 (kurang dari 60%)



2.         Sikap sosial

a.         Teknik Penilaian       : Tes Tertulis
b.        Bentuk Instrumen    : Questioner
c.         Kisi-kisi                    :

No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen

  1.  
Jujur
adalah perilaku dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
Disiplin
adalah tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan
Tanggungjawab
adalah sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa
Lampiran Penilaian Sikap 1-3

d.        Instrumen: lihat Lampiran ...

e.         Rubrik Penilaian Sikap Jujur
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
      kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
      sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Rubrik penilaian Sikap Disiplin
Ya       = apabila peserta didik menunjukkan perbuatan sesuai
                           aspek pengamatan
Tidak   = apabila peserta didik tidak menunjukkan perbuatan
                           sesuai aspek pengamatan.

Rubrik penilaian sikap tanggung jawab
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
      kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
      sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan


f.         Pedoman Penskoran
1.      Sikap jujur    : Lihat petunjuk penskoran pada  pedoman observasi sikap spiritual
2.      Sikap Disiplin:
Petunjuk Penskoran :
Jawaban YA diberi skor 1, dan jawaban TIDAK diberi skor 0
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

3.      Sikap tanggung jawab: Lihat petunjuk penskoran pada  pedoman observasi sikap spiritual


3.         Pengetahuan

a.         Teknik Penilaian       : Tes Tertulis
b.        Bentuk Instrumen    : Pilihan Ganda
c.         Kisi-kisi                    :

No.
Indikator
Butir Instrumen

  1.  
Disajikan teks bergambar tentang sifat suatu binatang, orang, dan benda, siswa dapat menentukan fungsi sosialnya dengan benar.
Soal No. 1

  1.  
Disajikan teks bergambar tentang cirri fisik suatu binatang, orang, dan benda, siswa dapat menentukan fungsi sosialnya dengan benar.
Soal No. 2

  1.  
Disajikan sebuah kalimat dengan beberapa kata digarisbawahi, siswa dapat menentukan kata sifatnya dengan tepat
Soal No. 3

  1.  
Disajikan pertanyaan yang mengandung sifat atau ciri fisik benda tertentu, siswa dapat menentukan gambarnya dengan tepat.
Soal No. 4

  1.  
Disajikan sebuah kalimat tidak lengkap dan gambar yang relevan, siswa dapat melengkapinya dengan kata sifat yang tepat.
Soal No. 5

  1.  
Disajikan sebuat gambar dengan 3 pilihan, siswa dapat menentukan perbandingan dari gambar dengan tepat.
Soal No. 6

  1.  
Disajikan sebuah dialog, siswa dapat menentukan format penulisan dengan tepat.
Soal No. 7

  1.  
Disajikan sebuah gambar, siswa dapat menentukan kata sifat yang relevan dengan gambar.
Soal No. 8

  1.  
Disajikan sebuah gambar dengan kata sifat yang relevan, siswa dapat menentukan kata perbandingan dengan tepat.
Soal No. 9

  1.  
Disajikan sebuah gambar dengan kata sifat yang relevan, siswa dapat menentukan kata menanyakan perbandingan dengan tepat.
Soal No. 10

d.         Instrumen: lihat Lampiran ...

e.         Pedoman penskoran: Setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu)


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

4.         Keterampilan
a.         Teknik Penilaian            : Unjuk Kerja
b.        Bentuk Instrumen          : Tes Keterampilan Menulis, Membaca dan berbicara
c.         Kisi-kisi:
No.
Keterampilan/Indikator
Butir Instrumen
Menulis


  1.  
Disajikan sebuah jawaban singkat tentang menyatakan dan menanyakan sifat binatang, orang, dan benda, siswa dapat menuliskan pesan singkat pertanyaannya dengan akurat, runtut dan berterima.
Soal No. 1

  1.  
Disajikan sebuah jawaban panggilan telepon singkat tentang menyatakan dan menanyakan sifat binatang, orang, dan benda, siswa dapat menuliskan pesan singkat pertanyaannya dengan akurat, runtut dan berterima.
Soal No. 2

  1.  
Disajikan sebuah teks sederhana tentang menyatakan dan menanyakan sifat binatang, orang, dan benda serta 4 (empat) buah gambar, siswa dapat menentukan salah satu gambar yang dideskripsikan dengan tepat.
Soal No. 3

  1.  
Diperdengarkan sebuah teks sederhana tentang menyatakan  sifat binatang, orang, dan benda serta beberapa buah gambar, siswa dapat menentukan salah satu gambar yang dideskripsikan dengan tepat.

Soal No. 4

  1.  
Diperdengarkan sebuah teks sederhana tentang menanyakan sifat binatang, orang, dan benda serta beberapa buah gambar, siswa dapat menentukan salah satu gambar yang dideskripsikan dengan tepat.
Soal No. 5

  1.  
Disajikan sebuah situasi sederhana, siswa dapat menanyakan sifat atau ciri fisik binatang, orang, dan benda dengan lancar, runtut dan berterima.
Soal No. A.1

  1.  
Disajikan sebuah situasi sederhana, siswa dapat
Menyatakan sifat atau ciri binatang, orang, dan benda dengan lancar, runtut dan berterima.
Soal No. A.2

  1.  
Siswa dapat mendeskripsikan benda kesayangannya secara lisan didepan kelas dengan akurat, lancar dan berterima.
Soal No. A.3

  1.  
Siswa dapat membandingkan sifat orang dalam bentuk teks sangat sederhana secara akurat, runtut dan berterima.
Soal No. B

d.        Instrumen: lihat Lampiran ...

e.         Rubrik Tes Keterampilan Menulis (Soal No. 1 dan 2)
No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Skor
1
Kesesuaian isi dengan tujuan penulisan pesan
100% isi sesuai
5
80% isi sesuai
4
60% isi sesuai
3
40% isi sesuai
2
20% isi sesuai
1
2
Pilihan kata
100% pilihan kata tepat
5
80%  pilihan kata tepat
4
60%  pilihan kata tepat
3
40%  pilihan kata tepat
2
20%  pilihan kata tepat
1
3
Penulisan kosa kata
100% penulisan kosa kata tepat
5
80% penulisan kosa kata tepat
4
60% penulisan kosa kata tepat
3
40% penulisan kosa kata tepat
2
20% penulisan kosa kata tepat
1
4
Ketepatan tata bahasa
100% penggunaan tata bahasa  tepat
5
80%  penggunaan tata bahasa  tepat
4
60%  penggunaan tata bahasa  tepat
3
40%  penggunaan tata bahasa  tepat
2
20%  penggunaan tata bahasa  tepat
1





















f.         Pedoman Penskoran


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

g.        Konversi keterampilan membaca dan mendengarkan, soal No. 3 – 5.
Setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu)


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1


h.        Rubrik untuk penilaian keterampilan berbicara Lampiran 4 Part Three, bagian A.

Aspek
Keterangan
Skor




Pelafalan
·         Sangat jelas sehingga mudah dipahami
·         Mudah dipahami meskipun pengaruh bahasa ibu dapat dideteksi
·         Ada masalah pengucapan sehingga pendengar perlu  konsentrasi penuh
·         Ada masalah pengucapan yang serius sehingga tidak bisa dipahami
4
3

2

1
Tata bahasa
·         Tidak ada atau sedikit kesalahan tatabahasa
·         Kadang-kadang ada kesalahan tetapi tidak mempengaruhi makna
·         Sering membuat kesalahan sehingga makna sulit dipahami
·         Kesalahan tatabahasa sangat parah sehingga tidak bisa dipahami
4
3

2

1
Kosakata
·         Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat
·         Kadang-kadang menggunakan kosakata yang kurang tepat sehingga harus menjelaskan lagi
·         Sering menggunakan kosakata yang tidak tepat
·         Kosakata sangat terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
4
3

2
1
Kelancaran
·         Sangat lancar.
·         Kelancaran sedikit terganggu oleh masalah bahasa
·         Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan bahasa
·         Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin terjadi.
4
3
2

1

i.          Pedoman Penskoran:


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

j.          Rubrik untuk penilaian keterampilan menulis Lampiran 4 Part Three, bagian B.
No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Skor
1
Kesesuaian isi dengan tujuan penulisan pesan
100% isi sesuai
5
80% isi sesuai
4
60% isi sesuai
3
40% isi sesuai
2
20% isi sesuai
1
2
Pilihan kata
100% pilihan kata tepat
5
80%  pilihan kata tepat
4
60%  pilihan kata tepat
3
40%  pilihan kata tepat
2
20%  pilihan kata tepat

1
3
Keterpaduan kalimat
100% kalimat terpadu dan runtut
5
80%   kalimat terpadu dan runtut
4
60%   kalimat terpadu dan runtut
3
40%   kalimat terpadu dan runtut
2
20%   kalimat terpadu dan runtut
1
4
Penulisan kosa kata
100% penulisan kosa kata tepat
5
80% penulisan kosa kata tepat
4
60% penulisan kosa kata tepat
3
40% penulisan kosa kata tepat
2
20% penulisan kosa kata tepat
1
5




Ketepatan tata bahasa



100% penggunaan tata bahasa  tepat
5
80%  penggunaan tata bahasa  tepat
4
60%  penggunaan tata bahasa  tepat
3
40%  penggunaan tata bahasa  tepat
2
20%  penggunaan tata bahasa  tepat
1
6
Originalitas penulisan
100% tulisan hasil pemikiran sendiri
5
80%   tulisan hasil pemikiran sendiri
4
60%   tulisan hasil pemikiran sendiri
3
40%   tulisan hasil pemikiran sendiri
2
20%   tulisan hasil pemikiran sendiri
1

k.        Pedoman Peskoran:

           
Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

...................., .............................. 20... 
Mengetahui                                                                
Kepala SMP...                                                             Guru Mata Pelajaran


_______________________                                      _________________________
NIP. ...                                                                                    NIP. ...











Kirimkan Ini lewat Email BlogThis! Bagikan ke X Berbagi ke Facebook
←  Posting Lebih Baru Posting Lama  → Beranda

0 komentar :

Posting Komentar

Silahkan tambahkan komentar dengan sopan dan dilarang menjelek-jelekkan golongan tertentu, yuhuuu....

Langganan: Posting Komentar ( Atom )

About Me

lutviefauzy.blogspot.com
Lihat profil lengkapku

Followers

Popular Posts

  • Rambu-Rambu Penyusunan RPP
    Hai kawan, dalam postingan saya kali ini, saya berbagi sesuatu yang menarik. Banyak dari kita yang masih belum memahami dengan benar apa ...
  • RPP SMP Days, Months, Dates, and Times
    Pagi teman-teman, ini nih RPP terbaru sya, isinya tentang materi Hari, Bulan, Tanggal, dan Waktu. kalau di buku biasanya pake tema It's...
  • Problem Based Learning
    Iyakan... kalo yang kemaren kemaren kita dah ngomongin masalah PJBL atau yang biasa disebut Project Based Learning, kali ini aku mau posti...
  • KI KD SMP Mutakhir
    Untuk bisa membuat perangkat mengajar yang baik, perlu dipahami dulu tentang silabus, ups...jangan kawatir, kali ini saya menyediakan KI ...
  • KI KD SMA
    Pagi kawan... Setelah kemarin kita berbagi tentang KI KD SMP kurikulum termutakhir yaitu kurikulum 2013, maka hari ini saaya akan berbagi ...

Blog Archive

  • ►  2015 ( 3 )
    • ►  Desember ( 1 )
    • ►  Oktober ( 1 )
    • ►  Februari ( 1 )
  • ▼  2014 ( 28 )
    • ►  November ( 5 )
    • ►  Oktober ( 4 )
    • ►  September ( 3 )
    • ►  Agustus ( 1 )
    • ▼  Juli ( 14 )
      • Konsep Pendekatan Kurikulum 2013
      • KI KD SMA
      • English Essays Writing Course for Advanced Students
      • KI KD SMP Mutakhir
      • Problem Based Learning
      • Project Based Learning - Guide
      • RPP Sifat Benda
      • Rambu-Rambu Penyusunan RPP
      • RPP Bahasa Inggris 4JP
      • Bagi-Bagi Ebook
      • Bentangan Materi
      • Elemen-elemen RPP
      • Format RPP
      • Rpp Kurikulum 2013
    • ►  Juni ( 1 )

Categories

  • Ebook ( 3 )
  • Introduction to RPP ( 7 )
  • Listening ( 5 )
  • Reading ( 9 )
  • RPP lain ( 4 )
  • Speaking ( 8 )
  • Syllabus ( 2 )
  • Writing ( 11 )

Friends

Pipit Nur Azizah

Asrarul Mufidah

Aminatus Zulvia

Luluk Eka

Andris Andriansyah

Elfany

Wahyu Nita

Dipta

Fahmy

Zakaria Anggara

Lutvie Nirmala Fauzy. Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © Perangkat Ajar Kita Powered by Blogger
Design by ThemePix.com | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com