Perangkat Ajar Kita

Lesson Plan (RPP), Student Worksheet, Syllabus, segala perangkat mengajar Bahasa Inggris utamanya, dan perangkat mengajar lainnya tersedia di sini, selamat datang.... ^_^
facebook tweeter google linked in you tube rss
  • Home
  • RPP
    • INTRODUCTION
    • LISTENING
    • SPEAKING
    • READING
    • WRITING
  • Contact
    • FACEBOOK
    • TWITTER
    • ETHERNALCUTE
    • TELEPHONE
    • E-MAIL
  • Others
    • EBOOK
    • SYLLABUS

Rabu, 09 Juli 2014

  20:23      lutviefauzy.blogspot.com      Speaking      No comments

RPP Sifat Benda

Hello....
Kali ini aku mau share RPP Speaking nih, bukan punyaku sih...tapi bisa buat referensi.
Yuk mari di cek dulu, monggo...


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 07a)

Sekolah                     : SMP ...                                                                                 
Mata Pelajaran        : Bahasa Inggris
Kelas/semester         : VII/Dua
Materi Pokok           : Teks Lisan dan Tulis untuk Menanyakan dan Menyatakan                                        Sifat dan Ciri Fisik Benda
Alokasi Waktu         : 2 pertemuan (4 JP)

KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
A.      Kompetensi Inti

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
Kompetensi Dasar
Indikator
1.
1.1






Mensyukuri  kesempatan 
dapat mempelajari  bahasa 
Inggris  sebagai bahasa 
pengantar  komunikasi
internasional  yang 
diwujudkan  dalam semangat
belajar.
1.1.1        Mengungkapkan rasa syukur setiap saat mendapat kesempatan belajar bahasa Inggris
2.















3.








4.
2.2















3.7








4.8






















Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, percaya diri, dan
bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru
dan teman.










Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, benda, sangat pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.


Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.



2.2.1    Menjalankan tugas dengan baik saat menjadi pemimpin/anggota kelompok

2.2.2    Mengakui ketika membuat kesalahan
2.2.3    Tidak menyalahkan orang lain atas tindakannya sendiri

2.2.4    Melakukan hal-hal yang dikatakan akan dikerjakan tanpa diingatkan orang lain

3.7.1    Menentukan tujuan komunikatif teks    

3.7.2    Mengidentifikasi struktur teks

3.7.3    Mengidentifikasi unsur kebahasaan dalam teks

4.8.1    Menanyakan sifat dan ciri fisik benda secara lisan   dengan akurat, lancar dan berterima

4.8.2    Menyatakan sifat dan ciri fisik benda secara    lisan dengan akurat, lancar dan berterima

4.8.3    Menanyakan sifat dan ciri fisik benda secara tertulis dengan akurat, runtut dan berterima

4.8.4    Menyatakan sifat dan ciri fisik benda secara tertulis dengan akurat, runtut dan berterima






C.      Tujuan Pembelajaran  

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:

1.1.1.1
mengungkapkan rasa syukur setiap saat mendapat kesempatan belajar bahasa Inggris;
2.2.1.1
menjalankan tugas dengan baik saat menjadi pemimpin/anggota kelompok;
2.2.2.1
mengakui ketika membuat kesalahan;
2.2.3.1
tidak menyalahkan orang lain atas tindakannya sendiri;
2.2.4.1
melakukan hal-hal yang dikatakan akan dikerjakan tanpa diingatkan orang lain;
3.7.1.1
mengidentifikasi fungsi sosial teks secara berkelompok berdasarkan pertanyaan pengarah dari guru;
3.7.2.1
mengidentifikasi struktur teks secara berkelompok berdasarkan pertanyaan pengarah dari guru;
3.7.3.1
mengidentifikasi kata sifat yang terdapat dalam teks secara berkelompok;
3.7.3.2
mengidentifikasi kata kerja yang terdapat dalam teks secara berkelompok;
3.7.3.3
mengidentifikasi frase benda yang terdapat dalam teks secara berkelompok;
3.7.3.4
mengidentifikasi kata keterangan yang terdapat dalam teks secara berkelompok;
4.8.1.1
menanyakan sifat dan ciri fisik benda secara lisan dengan akurat, runtut dan berterima
4.8.1.2
menyatakan sifat dan ciri fisik benda secara lisan dengan akurat, lancar dan berterima


D.      Materi Pembelajaran 

Fungsi Sosial      :    Menanyakan dan menyatakan sifat dan ciri fisik benda

Struktur Teks     :   
·         Opening
·         Content/Sustaining
·         Closing
                    
Unsur Kebahasaan:
·         Kata sifat (big, small, tall, short, fast, colorful, expensive, dsb.)
·         Kata keterangan (very, so, really, extremely, dsb.)
·         Bentuk pendek (It’s, They’re, dsb.)
·         Kalimat/Ungkapan (What does it look like? What do they look like? What do you think? How nice they are! It is very beautiful.)
·         Kata tanya (what,which, how)
·         Kata ganti (this, that, those, these, it, they, dsb.)
·         Introductory there (there is, there are)
·         Nama-nama benda
·         Kata kerja dalam the simple present tense: have, has, be, dsb.
·         Ucapan, tekanan kata, intonasi

  
E.       Metode Pembelajaran
1.         Pendekatan Saintifik
2.         Pendekatan Komunikatif

F.        Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran

1.         Media
Realia, kartu gambar, poster

2.         Alat/Bahan
Spidol warna, kertas spectra, kertas plano

3.         Sumber Belajar
a.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Bahasa Inggris When English Rings the Bell SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif (hal ...)


G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1.         Pertemuan Kesatu

a.         Pendahuluan  (10 menit )
1)      Guru memberi salam.
2)      Guru memeriksa kehadiran siswa.
3)      Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses  pembelajaran dengan mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka.
4)      Guru mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa.
5)      Guru menayangkan video atau film sangat pendek berbahasa Inggris untuk memotivasi belajar peserta didik.
6)      Guru mengajukan pertanyaan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
7)      Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang  akan dicapai.
8)      Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.

b.        Kegiatan inti (60 menit)

Mengamati
1)      Peserta didik diminta melihat benda-benda di dalam kelas.
2)      Peserta didik menyebutkan nama-nama benda tersebut dalam bahasa Inggris.
3)      Peserta didik mencentang gambar benda yang tepat berdasarkan ucapan yang didengar.
4)      Peserta didik menunjukkan benda yang tepat berdasarkan ciri fisik yang diperdengarkan.
5)      Peserta didik menyaksikan atau mendengarkan percakapan sederhana tentang menanyakan dan menyatakan sifat dan ciri fisik benda.

Menanya
6)      Dengan bimbingan guru, peserta didik merumuskan pertanyaan terkait dengan  isi, fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dalam teks yang telah disaksikan atau diperdengarkan.
7)      Dengan bimbingan guru, peserta didik merumuskan pertanyaan tentang cara menanyakan sifat dan ciri fisik benda.
8)      Dengan bimbingan guru, peserta didik merumuskan pertanyaan tentang cara menyatakan sifat dan ciri fisik benda.

Mencoba/Mengumpulkan Data atau Informasi
9)      Secara berpasangan, peserta didik menjawab pertanyaan tentang isi dari tiga percakapan yang diperdengarkan/disaksikan.
10)  Secara berpasangan, peserta didik menjawab pertanyaan tentang fungsi sosial teks dari tiga percakapan yang diperdengarkan/disaksikan.
11)  Secara berpasangan, peserta didik menjawab pertanyaan tentang struktur teks dari tiga percakapan yang diperdengarkan/disaksikan.
12)  Secara berpasangan, peserta didik menemukan kata benda yang terdapat dalam tiga percakapan yang diperdengarkan/disaksikan.
13)  Secara berpasangan, peserta didik menemukan kata sifat yang terdapat dalam tiga percakapan yang diperdengarkan/disaksikan.
14)  Secara berpasangan, peserta didik menemukan kata kerja yang terdapat dalam tiga percakapan yang diperdengarkan/disaksikan.
15)  Secara berpasangan, peserta didik menemukan kata keterangan yang terdapat dalam tiga percakapan yang diperdengarkan/disaksikan.
16)  Peserta didik menemukan ungkapan menanyakan dan menyatakan sifat dan ciri fisik benda dari tiga percakapan yang diperdengarkan/disaksikan.

Mengasosiasi/Menganalisis Data atau Informasi 
17)  Dalam kelompok yang terdiri dari tiga pasangan, peserta didik saling membandingkan jawaban mereka pada kegiatan sebelumnya (9 – 16).
18)  Guru memonitor kegiatan peserta didik.

Penutup (10 menit)
1)      Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
2)      Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3)      Guru menugaskan kepada peserta didik untuk menyiapkan hasil diskusi dan temuan mereka tentang  pertanyaan-pertanyaan dan jawaban pada kegiatan 9-16 untuk dipresentasikan pada pertemuan berikutnya.
4)      Peserta didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
5)      Peserta didik dan guru mengucapkan salam perpisahan.


2.      Pertemuan Kedua

a.         Pendahuluan  (10 menit )
2)      Guru memberi salam (greeting).
3)      Guru memeriksa kehadiran siswa.
4)      Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses  pembelajaran dengan mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka dan mengatur tempat duduk untuk keperluan presentasi.
5)      Guru mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa.
6)      Guru mengingatkan peserta didik tentang materi pada pertemuan sebelumnya.
7)      Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang  akan dicapai.
8)      Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.

b.Kegiatan inti (60 menit)

Mengomunikasikan
19)  Setiap wakil kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan temuan mereka tentang  pertanyaan-pertanyaan dan jawaban pada kegiatan 9-16.
20)  Guru memberikan umpan balik terhadap pemahaman peserta didik terhadap materi yang dipelajari (fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks).

Mencipta
21)  Setiap peserta didik menerima kartu berisi gambar dan kata kunci yang berbeda. Secara berpasangan, peserta didik bertanyajawab tentang sifat dan ciri fisik benda yang terdapat dalam kartu yang mereka miliki.
22)  Guru berkeliling kelas untuk mengamati (dapat pula melakukan penilaian) kegiatan yang dilakukan peserta didik.
23)  Setiap peserta didik menerima kartu situasi yang berbeda. Secara berkelompok yang beranggotakan empat orang, peserta didik melakukan percakapan percakapan tentang menanyakan dan menyatakan sifat dan ciri fisik benda.
24)  Masing-masing kelompok menampilkan percakapan mereka di depan kelas.


c.       Penutup (10 menit)
1)      Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
2)      Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3)      Guru menugaskan peserta didik untuk  mencari satu gambar binatang dan satu gambar orang, serta menuliskan sifat dan ciri fisik binatang dan orang dalam gambar-gambar tersebut.
4)      Peserta didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
5)      Peserta didik dan guru mengucapkan salam perpisahan.

H.      Penilaian
1.         Sikap spiritual dan sosial

a.         Jenis/Teknik Penilaian     : Non tes
b.        Bentuk Instrumen              : Lembarpengamatan
c.         Kisi-kisi                               :

No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
1.
Rasa syukur setiap saat mendapat kesempatan belajar bahasa Inggris

Lampiran 1
2.
Tanggungjawab

d.        Instrumen: lihat Lampiran 1

e.         Pedoman Penskoran:


 
2.         Pengetahuan

a.        Teknik Penilaian   : Tes Tertulis
b.        Bentuk Instrumen : Pilihan Ganda
c.         Kisi-kisi                  :

No.
Indikator
Butir Instrumen

  1.  
Diperdengarkan teks lisan tentang menanyakan dan menyatakan sifat dan ciri fisik benda, siswa dapat menentukan fungsi sosialnya dengan benar.
Soal No. 1

  1.  
Diperdengarkan teks lisan tentang menanyakan dan menyatakan sifat dan ciri fisik benda, siswa dapat menentukan struktur teksnya dengan benar.
Soal No. 2

  1.  
Diperdengarkan teks lisan tentang menanyakan dan menyatakan sifat dan ciri fisik benda, siswa dapat menentukan unsur kebahasaannya dengan benar.
Soal No.3-5

d.        Instrumen: lihat Lampiran 2

e.        Pedoman penskoran: Setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu)


3.         Keterampilan
a.        Teknik Penilaian         : Unjuk Kerja
b.        Bentuk Instrumen       : Tes Keterampilan Berbicara
c.         Kisi-kisi:
No.
Indikator
Butir Instrumen

  1.  
Disajikan 2 kartu situasi yang berbeda (A1 & B2 atau A2 & B1) untuk masing-masing peserta didik, dengan menggunakan kartu tersebut, peserta didik dapat melakukan percakapan tentang menanyakan dan menyatakan sifat atau ciri benda dengan lancar, runtut dan berterima secara berpasangan
Soal No. 1

d.       Instrumen: lihat Lampiran 3.

e.        Rubrik untuk penilaian keterampilan berbicara

ASPEK
KETERANGAN
SKOR




Pelafalan
·         Sangat jelas sehingga mudah dipahami
·         Mudah dipahami meskipun pengaruh bahasa ibu dapat dideteksi
·         Ada masalah pengucapan sehingga pendengar perlu  konsentrasi penuh
·         Ada masalah pengucapan yang serius sehingga tidak bisa dipahami
4
3

2

1
Tatabahasa
·         Tidak ada atau sedikit kesalahan tatabahasa
·         Kadang-kadang ada kesalahan tetapi tidak mempengaruhi makna
·         Sering membuat kesalahan sehingga makna sulit dipahami
·         Kesalahan tatabahasa sangat parah sehingga tidak bisa dipahami
4
3

2

1
Kosakata
·         Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat
·         Kadang-kadang menggunakan kosakata yang kurang tepat sehingga harus menjelaskan lagi
·         Sering menggunakan kosakata yang tidak tepat
·         Kosakata sangat terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
4
3

2
1
Kelancaran
·         Sangat lancar.
·         Kelancaran sedikit terganggu oleh masalah bahasa
·         Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan bahasa
·         Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin terjadi.
4
3
2

1

f.          Pedoman Penskoran:


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1


...................., .............................. 20... 
Mengetahui                                                              
Kepala SMP...                                                           Guru Mata Pelajaran






_______________________                                      _________________________
NIP. ...                                                                        NIP. ...



Lampiran 1: Instrumen Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial

No
Indikator
Skor
5

4

3

2

1

selalu
sering
kadang-kadang
jarang
tidak pernah
1
Berdoa dengan khidmat sebelum memulai kegiatan pembelajaran





2
Berdoa dengan khidmat sebelum melakukan tugas yang diberikan dalam kegiatan pembelajaran





3
Berdoa dengan khidmat sesudah mengikuti kegiatan pembelajaran





4
Berdoa dengan khidmat sesudah melakukan tugas yang diberikan dalam kegiatan pembelajaran





5
Menjalankan tugas dengan baik saat menjadi pemimpin/anggota kelompok





6
Mengakui ketika membuat kesalahan





7
Tidak menyalahkan orang lain atas tindakannya sendiri





8
Melakukan hal-hal yang dikatakan akan dikerjakan tanpa diingatkan orang lain






La



mpiran 2: Instrumen Penilaian Pengetahuan
Script Percakapan:
Y : Hi, Vina? How’s life?
V : Hi, Yunty, I’m very well. And you?
Y : Fine, too.
       By the way, have you already got the costume for tomorrow’s performance?
V : Yes, I borrowed it from my cousin yesterday.
Y : What does it look like?
V : It’s a blue silk skirt and a nice pink blouse with a big yellow ribbon on it.
Y : Does the blouse have long or short sleeves?
V  : Short ones but the skirt is long.
Y : Sounds really great. 
V  : Thank you. What about you? Have you got yours?
Y : Well... I’ve got no idea about it.
V  : I think it’s better for you to prepare it now. I’d be glad to help.
Y : That’s very kind of you.
V  : Okay, I’ll take you to a great fashion shop.You can choose any appropriate costumes there.
Y  : Good idea. Let’s go.

Butir Pertanyaan:
1.    What are the speakers talking about?
A.    The costume for the performance
B.     The great fashion shop
C.     A very kind friend
D.    A blue silk skirt
2.    What expression do they use to open the conversation?
A.    Hi,Vina. How’s life?
B.     Hi, good morning.
C.     Hi,how are you?
D.    Hi, how’s life?
3.    From the text we know that Vina is a ... friend.
A.    glad
B.     kind
C.     great
D.    well
4.    What is the colour of Vina’s skirt?
A.    Pink
B.     Blue
C.     Yellow
D.    Purple
5.    The speakers are going to the shop to ... the costume.
A.    prepare
B.     choose
C.     sell
D.    put

Lampiran 4: Instrumen Penilaian Keterampilan

A1
You have a new bag. Your friend asks you some questions about it. Respond to them appropriately.

B2
You have a new cellular phone. Your friend asks you some questions about it. Respond to them appropriately.


B1
Your friend has a new cellular phone. Ask some questions about it politely.


A2
Your friend has a new bag. Ask some questions about it politely.
 







Kirimkan Ini lewat Email BlogThis! Bagikan ke X Berbagi ke Facebook
←  Posting Lebih Baru Posting Lama  → Beranda

0 komentar :

Posting Komentar

Silahkan tambahkan komentar dengan sopan dan dilarang menjelek-jelekkan golongan tertentu, yuhuuu....

Langganan: Posting Komentar ( Atom )

About Me

lutviefauzy.blogspot.com
Lihat profil lengkapku

Followers

Popular Posts

  • Problem Based Learning
    Iyakan... kalo yang kemaren kemaren kita dah ngomongin masalah PJBL atau yang biasa disebut Project Based Learning, kali ini aku mau posti...
  • RPP Reading
    Pagi... untuk kali ini saya akan memposting tentang RPP kurikulum KTSP untuk skill reading check it out!
  • Rambu-Rambu Penyusunan RPP
    Hai kawan, dalam postingan saya kali ini, saya berbagi sesuatu yang menarik. Banyak dari kita yang masih belum memahami dengan benar apa ...
  • English Essays Writing Course for Advanced Students
    Aduh... gimana nih, sebenernya banyak ebook yang pngen aku bagi buat kalian, tapi terlalu banyak kalo di upload semua, satu-satu aja ya....
  • RPP THE EFFECTIVENESS OF OUTLINE (LESSON PLAN)
    sorry, long time no see, I've been hiatus for a long time to finish my thesis. hehe... now, I want to share a lesson plan for writing...

Blog Archive

  • ►  2015 ( 3 )
    • ►  Desember ( 1 )
    • ►  Oktober ( 1 )
    • ►  Februari ( 1 )
  • ▼  2014 ( 28 )
    • ►  November ( 5 )
    • ►  Oktober ( 4 )
    • ►  September ( 3 )
    • ►  Agustus ( 1 )
    • ▼  Juli ( 14 )
      • Konsep Pendekatan Kurikulum 2013
      • KI KD SMA
      • English Essays Writing Course for Advanced Students
      • KI KD SMP Mutakhir
      • Problem Based Learning
      • Project Based Learning - Guide
      • RPP Sifat Benda
      • Rambu-Rambu Penyusunan RPP
      • RPP Bahasa Inggris 4JP
      • Bagi-Bagi Ebook
      • Bentangan Materi
      • Elemen-elemen RPP
      • Format RPP
      • Rpp Kurikulum 2013
    • ►  Juni ( 1 )

Categories

  • Ebook ( 3 )
  • Introduction to RPP ( 7 )
  • Listening ( 5 )
  • Reading ( 9 )
  • RPP lain ( 4 )
  • Speaking ( 8 )
  • Syllabus ( 2 )
  • Writing ( 11 )

Friends

Pipit Nur Azizah

Asrarul Mufidah

Aminatus Zulvia

Luluk Eka

Andris Andriansyah

Elfany

Wahyu Nita

Dipta

Fahmy

Zakaria Anggara

Lutvie Nirmala Fauzy. Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © Perangkat Ajar Kita Powered by Blogger
Design by ThemePix.com | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com