Perangkat Ajar Kita

Lesson Plan (RPP), Student Worksheet, Syllabus, segala perangkat mengajar Bahasa Inggris utamanya, dan perangkat mengajar lainnya tersedia di sini, selamat datang.... ^_^
facebook tweeter google linked in you tube rss
  • Home
  • RPP
    • INTRODUCTION
    • LISTENING
    • SPEAKING
    • READING
    • WRITING
  • Contact
    • FACEBOOK
    • TWITTER
    • ETHERNALCUTE
    • TELEPHONE
    • E-MAIL
  • Others
    • EBOOK
    • SYLLABUS

Jumat, 13 Februari 2015

  19:08      lutviefauzy.blogspot.com      Writing      No comments

Contoh format RPP

"Unknown Title"
kenapa dikasih judul gitu?

ya emang...
ini juga postingan pertama di tahun 2015, setelah terakhir posting di akhir tahun 2014, tepatnya kalo gak salah bulan November kemaren.

soalnya aku juga bingung,
dilema
mau posting apa di Lesson and Preparation ini,

trus kalian maunya apa?
perangkat K13?
atau perangkat KTSP?
silahkan dilema,
karena saya sendiri juga lagi galau, ada yang ngasih saya softcopy dari contoh perangkat KTSP, mungkin karena KTSP lagi populer sekarang setelah terlebih dulu mengalami pendepakan sama K13, yang bahkan K13 sekarang juga didepak sendiri sama yang bikin kurikulum, pusing kan, udah, ayoh coba dilihat aja contoh formatnya.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/Semester           : X / 2
Pertemuan Ke-           : 1
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi   :
12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative, descriptive dan news item dalam konteks kehidupan sehari – hari.
Kompetensi Dasar      : (WRITING – teks monolog)
12.2  Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari – hari.
Indikator                     :
1.    Memilih tema/judul
2.    Menulis kerangka karangan
3.    Menjabarkan ide pokok/gagasan utama
4.    Memproduksi teks monolog tulis berbentuk deskriptif

I. Tujuan Pembelajaran         :
1. Siswa mampu memilih judul  sesuai dengan materi yang diajarkan
2. Siswa mamu menulis kerangaka karangan sesuai dengan materi yang diajarkan.
3. Siswa mampu menjabarkan ide pokok / gagasan utama dari kerangka yang telah dibuat.
4. Siswa mampu memproduksi teks monolog tulis berbentuk deskriptif.
II. Materi Ajar                       : Deskriptif Teks
            Purpose                        : to describe a particular person
            Text Organization        : - Identification
                                                  ( mention the name, occupation)
-          Description
(mention the physical features, the way he / she dresses and his / her personality)
            Language Features       : - use simple present
                                                 Example         : She is a student
-          Use adjective and noun phrase
Example          : She is beautiful
                         She has long hair.
-          Use attribute has and have
III. Metode Pembelajaran      : Three phase’s technique
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
(tuliskan rincian kegiatan  yang dilakukan pada masing-masing tahapan berikut)

Teknik Pembelajaran
Alokasi Waktu
1.     AWAL
a.        Persiapan
-       Salam pembuka
-       Menata siswa
-       Mengabsen siswa
-       Membersihkan papan tulis
-       Menata peralatan
b.        Apersepsi
-       Siswa diberi pertanyaan tentang kompetensi pertemuan yang lalu
c.        Penyampaian Tujuan Pembelajaran & Manfaatnya
Siswa diberitahu tujuan pembelajaran diatas
d.        Penyampaian Pokok-Pokok Materi
Siswa diberitahu bahwa pokok materi pertemuan ini adalah teks monolog deskriptif dengan ciri-ciri struktur dan kebahasannya
e.        Penyampaian Mekanisme Proses Pembelajaran
Siswa diberitahu mekanisme proses pembelajaran pertemuan ini sbb:
Pertama, siswa diminta menentukan judul plihannya
Kedua, siswa akan diminta membuat kerangka karangannya
Ketiga, siswa akan diminta mengembangkan gagasan utamanya pada masing-maing paragraf


-   Ceramah
-   Tanya jawab







………




2.    INTI
JCOT / ICOT
a.       Siswa diajak mereview struktur teks dan ciri kebahasaan teks monolog deskriptif
b.      Siswa diminta menentukan judul karangannya
c.       Siswa diminta membuat kerangka karangannya
d.      Siswa diminta mengembangkan gagasan utamanya kedalam paragraf masing-maing

-    Ceramah
-    Eliciting
-    Penugasan kelas

………
3.    AKHIR
a.        Refleksi
1.    Siswa diberi catatan komentar/saran tentang karangannya

b.        Follow-up
1.    Siswa diberitahu pertemuan berikutnya melanjutkan teks yang lain.



-    Ceramah


………

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar: …
1. Alat/media/bahan            : Boardmarker, white board and student’s worksheet
2. Sumber belajar    :          

VI. Penilaian: …
1.      Penilaian Psikomotor
a.    Bentuk: Unjuk kerja/praktek
b.    Pedoman penilaian: Rubrik
CONTENT
30 - 27
Relevant to assigned topic
26 - 22
Mostly relevant to assigned topic but lacks detail
21 - 17
Inadequate development of topic.
16 - 13
Not enough to evaluate
ORGANIZATION
20 - 18
Fluent expression - Ideas clearly stated / supported – well organized – cohesive – logical sequence
17 - 14
Somewhat choppy- Loosely organized but main idea stand out – limited support but incomplete sequencing
13 - 10
Non- fluent - Ideas confused or not connected – lack logical sequencing and development
9 -7
Does not communicate – not organization.
VOCABULARY
20 - 18
Effective word – idiom choice and usage – word form mastery – appropriate register.
17 - 14
Occasional errors of words/ idiom form, choices ,usage but meaning not confused
13 - 10
Frequent  errors of words/ idiom form, choices ,usage - meaning is confused
9 - 7
Little knowledge English vocabulary , idioms, word form.
LANGUAGE USE
25 - 22
Few errors of tense, number, word order / function, articles, pronoun, and preposition.
21 - 18
Several errors of tense, number, word order / function, articles, pronoun, and preposition but meaning not confused.
17 - 11
Few errors of tense, number, word order / function, articles, pronoun, and preposition. Meaning is confused.
10 - 5
Dominated by errors of spelling, punctuation, capitalization, paragraphing – hand writing illegible.
MECHANIC
5
Few errors of spelling, punctuation, capitalization, paragraphing
4
Occasional errors of spelling, punctuation, capitalization, paragraphing but meaning not confused.
3
Frequent errors of spelling, punctuation, capitalization, paragraphing but meaning is confused.
2
Dominated by errors of spelling, punctuation, capitalization, paragraphing – hand writing illegible.

2.      Penilaian Afektif
Pedoman penilaian 
No
Aspek Penilaian
Skor

1.    Presensi
2.    Keaktifan berbahasa inggris
3.    Partisipasi
4.    Penyelesaian tugas
……………
……………




udah liat?
nah itu belum perfect ya...baru contoh aja,
ntar kalo ada waktu, mimin buatin yang lengkap sama activity nya juga,
tapi di cotoh diatas kan udah ada rubriknya sekalian, bagus kan,
cus voting ya,
thanks for visiting my blog, 
anyeong ^_^
Kirimkan Ini lewat Email BlogThis! Bagikan ke X Berbagi ke Facebook
←  Posting Lebih Baru Posting Lama  → Beranda

0 komentar :

Posting Komentar

Silahkan tambahkan komentar dengan sopan dan dilarang menjelek-jelekkan golongan tertentu, yuhuuu....

Langganan: Posting Komentar ( Atom )

About Me

lutviefauzy.blogspot.com
Lihat profil lengkapku

Followers

Popular Posts

  • Problem Based Learning
    Iyakan... kalo yang kemaren kemaren kita dah ngomongin masalah PJBL atau yang biasa disebut Project Based Learning, kali ini aku mau posti...
  • RPP Reading
    Pagi... untuk kali ini saya akan memposting tentang RPP kurikulum KTSP untuk skill reading check it out!
  • Rambu-Rambu Penyusunan RPP
    Hai kawan, dalam postingan saya kali ini, saya berbagi sesuatu yang menarik. Banyak dari kita yang masih belum memahami dengan benar apa ...
  • English Essays Writing Course for Advanced Students
    Aduh... gimana nih, sebenernya banyak ebook yang pngen aku bagi buat kalian, tapi terlalu banyak kalo di upload semua, satu-satu aja ya....
  • RPP THE EFFECTIVENESS OF OUTLINE (LESSON PLAN)
    sorry, long time no see, I've been hiatus for a long time to finish my thesis. hehe... now, I want to share a lesson plan for writing...

Blog Archive

  • ▼  2015 ( 3 )
    • ►  Desember ( 1 )
    • ►  Oktober ( 1 )
    • ▼  Februari ( 1 )
      • Contoh format RPP
  • ►  2014 ( 28 )
    • ►  November ( 5 )
    • ►  Oktober ( 4 )
    • ►  September ( 3 )
    • ►  Agustus ( 1 )
    • ►  Juli ( 14 )
    • ►  Juni ( 1 )

Categories

  • Ebook ( 3 )
  • Introduction to RPP ( 7 )
  • Listening ( 5 )
  • Reading ( 9 )
  • RPP lain ( 4 )
  • Speaking ( 8 )
  • Syllabus ( 2 )
  • Writing ( 11 )

Friends

Pipit Nur Azizah

Asrarul Mufidah

Aminatus Zulvia

Luluk Eka

Andris Andriansyah

Elfany

Wahyu Nita

Dipta

Fahmy

Zakaria Anggara

Lutvie Nirmala Fauzy. Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © Perangkat Ajar Kita Powered by Blogger
Design by ThemePix.com | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com